Cara Menampilkan Nama Operator di Xiaomi Redmi 6A
Ilustrasi Xiaomi Redmi 6A, Source: smartmania.cz

Cara Menampilkan Nama Operator di Xiaomi Redmi 6A Termudah!

Diposting pada

Xiaomi Redmi 6A adalah salah satu smartphone populer di Indonesia. Smartphone ini memiliki spesifikasi teknologi cukup mumpuni dengan harga terjangkau. Namun, ada satu hal yang mungkin membuat pengguna bingung saat menggunakan Xiaomi Redmi 6A, yaitu cara menampilkan nama operator di layar.

Namun, pada Xiaomi Redmi 6A, nama operator tidak selalu muncul di layar. Kadang-kadang, nama operator hanya bisa dilihat jika pengguna menarik ke bawah bilah notifikasi. Ini tentu saja merepotkan, karena mereka harus melakukan langkah tambahan untuk melihat nama operator.

Terlebih lagi, jika pengguna sering berpindah-pindah jaringan atau berganti kartu SIM atau kartu perdana. Nantinya dibutuhkan adanya pengecekan nama operator secara berkala untuk memastikan penggunanya terhubung dengan jaringan yang tepat.

Lalu, bagaimana cara menampilkan nama operator di Xiaomi Redmi 6A secara permanen? Apakah ada pengaturan khusus harus diubah? Apakah pengguna perlu menginstal aplikasi tambahan untuk melakukannya? Jawabannya adalah tidak. Pengguna hanya perlu mengikuti langkah-langkah sederhana yang akan kami jelaskan di bawah ini.

Cara Menampilkan Nama Operator di Xiaomi Redmi 6A

Nama operator adalah nama penyedia layanan seluler yang digunakan, seperti Telkomsel, Indosat, XL, atau lainnya. Nama operator biasanya ditampilkan di bagian atas layar, di sebelah ikon sinyal dan baterai.

Nama operator berguna memberitahu pengguna jaringan apa yang sedang mereka gunakan, apakah itu 2G, 3G, 4G, atau 5G. Nama operator juga membantu pengguna untuk mengidentifikasi kartu SIM, jika mereka menggunakan dua kartu SIM sekaligus.

Secara garis besarnya, menampilkan nama operator di ponsel Android dapat dilakukan dengan mudah. Daripada penasaran, di bawah ini akan kami jelaskan secara lengkap mengenai cara menampilkan nama operator di Xiaomi Redmi 6A di bawah ini.

1. Buka Menu Pengaturan

Buka Menu Pengaturan

Langkah pertama harus dilakukan adalah membuka menu pengaturan di HP Xiaomi Redmi 6A. Menu pengaturan adalah tempat di mana pengguna bisa mengubah berbagai macam opsi dan fitur di smartphone Redmi 6A. Untuk membuka menu pengaturan, kalian bisa melakukannya dengan dua cara, yaitu:

  • Menekan ikon roda gigi di bilah notifikasi. Bilah notifikasi adalah bagian atas layar yang menampilkan ikon-ikon seperti sinyal, baterai, jam, dan lainnya. Untuk membuka bilah notifikasi, kalian bisa menarik ke bawah layar dari atas. Kemudian, kalian dapat menekan ikon roda gigi di pojok kanan atas.
  • Menekan ikon pengaturan di layar utama. Layar utama adalah layar yang menampilkan aplikasi-aplikasi terinstal di smartphone kalian. Untuk membuka layar utama, kalian bisa menekan tombol home di bawah layar. Kemudian, kalian dapat mencari ikon pengaturan yang biasanya berwarna abu-abu dengan gambar roda gigi.

Setelah menekan ikon pengaturan, pengguna akan masuk ke menu pengaturan berisi berbagai macam opsi dan fitur bisa diubah sesuai keinginan kalian.

2. Pilih Menu Notifikasi & Bar Status

Pilih Menu Notifikasi & Bar Status

Langkah kedua harus dilakukan dalam menampilkan nama operator di Xiaomi Redmi 6A adalah memilih menu notifikasi & bar status di menu pengaturan. Menu notifikasi & bar status adalah tempat di mana pengguna bisa mengatur tampilan dan fungsi dari bilah notifikasi dan bar status.

Bilah notifikasi adalah bagian atas layar yang dapat ditarik ke bawah untuk melihat notifikasi-notifikasi masuk ke smartphone kalian, seperti pesan, panggilan, email, dan lainnya. Bar status adalah bagian atas layar berguna menampilkan ikon-ikon seperti sinyal, baterai, jam, dan lainnya.

Untuk memilih menu notifikasi & bar status, bisa melakukannya dengan cara:

  • Menggulir ke bawah menu pengaturan sampai menemukan menu notifikasi & bar status. Menu notifikasi & bar status biasanya berada di bawah menu layar kunci & sandi, dan di atas menu layar utama.
  • Menekan menu notifikasi & bar status untuk membukanya.

Setelah menekan menu notifikasi & bar status, kalian akan masuk ke menu notifikasi & bar status berisi berbagai macam opsi dan fitur bisa diubah sesuai keinginan kalian.

3. Aktifkan Opsi Tampil Nama Operator

Aktifkan Opsi Tampil Nama Operator

Langkah ketiga harus dilakukan adalah mengaktifkan opsi tampil nama operator di menu notifikasi & bar status. Opsi tampil nama operator adalah fitur memungkinkan pengguna untuk menampilkan nama operator di bar status secara permanen.

Dengan mengaktifkan opsi ini, pengguna tidak perlu lagi menarik ke bawah bilah notifikasi guna melihat nama operator. Nama operator akan selalu muncul di bar status, di sebelah ikon sinyal.

Untuk mengaktifkan fitur tersebut agar bisa menampilkan nama operator di Xiaomi Redmi 6A, dapat melakukannya dengan cara:

  • Menggulir ke bawah menu notifikasi & bar status sampai menemukan opsi tampil nama operator. Opsi tampil nama operator biasanya berada di bawah opsi tampil ikon baterai, dan di atas opsi tampil ikon kecepatan jaringan.
  • Menekan tombol geser di sebelah kanan opsi tampil nama operator. Tombol geser adalah tombol yang bisa digeser ke kanan atau ke kiri untuk mengaktifkan atau menonaktifkan suatu fitur. Jika tombol geser berwarna biru, itu berarti fitur tersebut aktif. Jika tombol geser berwarna abu-abu, itu berarti fitur tersebut nonaktif.
  • Menggeser tombol geser ke kanan untuk mengaktifkan opsi tampil nama operator. Setelah menggeser tombol geser ke kanan, tombol geser akan berubah warna menjadi biru, dan nama operator akan muncul di bar status.

Setelah mengaktifkan opsi tampil nama operator, kalian sudah berhasil menampilkan nama operator di Xiaomi Redmi 6A dengan mudah dan cepat.

4. Cek Nama Operator di Bar Status

Cek Nama Operator di Bar Status

Langkah keempat harus dilakukan adalah menampilkan nama operator di bar status HP Xiaomi Redmi 6A. Nama operator adalah nama penyedia layanan seluler, seperti Telkomsel, Indosat, XL, atau lainnya. Nama operator akan muncul di bar status, di sebelah ikon sinyal.

Nama operator berguna memberitahu jaringan apa yang sedang digunakan, apakah itu 2G, 3G, 4G, atau 5G. Nama operator juga membantu pengguna mengidentifikasi kartu SIM, jika mereka menggunakan dua kartu SIM sekaligus.

Untuk mengecek nama operator di bar status, bisa melakukannya dengan cara:

  • Melihat bagian atas layar, di mana bar status berada. Bar status adalah bagian atas layar yang menampilkan ikon-ikon seperti sinyal, baterai, jam, dan lainnya.
  • Mencari nama operator di sebelah ikon sinyal. Nama operator biasanya berupa singkatan atau akronim dari nama penyedia layanan seluler, seperti TSEL, ISAT, XL, atau lainnya. Jika menggunakan dua kartu SIM sekaligus, nama operator akan muncul dua kali, masing-masing setiap kartu SIM.
  • Membandingkan nama operator dengan kartu SIM yang digunakan. Jika nama operator sesuai dengan kartu SIM, itu berarti kalian sudah terhubung dengan jaringan yang tepat. Jika nama operator tidak sesuai dengan kartu SIM yang digunakan, itu berarti kalian perlu mengubah pengaturan jaringan atau memilih kartu SIM lain.

Setelah mengecek nama operator di bar status, sudah dapat dipastikan bahwa kalian terhubung dengan jaringan yang tepat. Sebagai informasi tambahan, fitur tersebut juga nantinya bisa menampilkan beragam jenis masalah pada smartphone, seperti kamera Xiaomi tidak terhubung, penyimpanan internal penuh dan masih banyak lainnya.

Source tutorial: youtube.com/@SolusiTipi

Keuntungan Menampilkan Nama Operator di Xiaomi Redmi 6A

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai cara menampilkan nama operator di Xiaomi Redmi 6A. Sebagai informasi tambahan, memunculkan nama operator di Xiaomi Redmi 6A juga memiliki beberapa keuntungan, antara lain:

  • Penguna bisa mengetahui jaringan apa yang sedang digunakan, apakah itu 2G, 3G, 4G, atau 5G. Jaringan berbeda memiliki kecepatan dan kualitas berbeda pula. Dengan mengetahui jaringan, mereka dapat menyesuaikan aktivitas di internet, seperti browsing, streaming, download, atau upload.
  • Pengguna bisa mengidentifikasi kartu SIM, jika menggunakan dua kartu SIM sekaligus. Dengan menampilkan nama operator, mereka dapat membedakan kartu SIM yang digunakan untuk panggilan, SMS, atau internet. Selain itu, pengguna juga bisa memilih kartu SIM sesuai dengan kebutuhan kalian, misalnya yang memiliki kuota lebih besar, tarif lebih murah, atau jaringan lebih stabil.
  • Pengguna bisa menghemat baterai smartphone kalian, karena mereka tidak perlu menarik ke bawah bilah notifikasi guna melihat nama operator. Menarik ke bawah bilah notifikasi akan mengaktifkan layar dan mengonsumsi daya baterai. Dengan menampilkan nama operator di bar status, pengguna dapat melihatnya tanpa harus menarik ke bawah bilah notifikasi.

Kesimpulan

Demikianlah cara menampilkan nama operator di Xiaomi Redmi 6A dengan mudah dan cepat dari rsuddepatihamzah.com. Kalian hanya perlu mengikuti langkah-langkah sederhana yang kami jelaskan di atas. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kalian.