Biaya Kuliah Politeknik Akamigas Cepu
Ilustrasi Politeknik Akamigas Cepu, Source: gramedia.com

Biaya Kuliah Politeknik Akamigas Cepu, Asrama dan Non Asrama

Diposting pada

Kalian mungkin sudah pernah mendengar tentang Politeknik Akamigas Cepu, salah satu perguruan tinggi vokasi di bidang energi dan mineral yang berada di bawah Kementerian ESDM yang menawarkan biaya kuliah terjangkau. Politeknik ini menawarkan pendidikan berkualitas dengan kurikulum, metode pembelajaran, sarana dan prasarana, serta dosen berstandar internasional.

Tidak heran jika banyak calon mahasiswa tertarik untuk melanjutkan studi di sini. Namun, sebelum kalian mendaftar, ada beberapa hal penting perlu dipersiapkan terlebih dahulu, salah satunya yaitu terkait biaya pendidikannya.

Secara garis besarnya, besaran biaya kuliah di Politeknik Akamigas Cepu nantinya akan ditentukan berdasarkan fakultas maupun program studinya. Selain itu, pemilihan fasilitas kampus dengan asrama maupun tanpa asrama juga nantinya bisa mempengaruhi besaran biaya kuliahnya.

Di artikel ini, kami akan menjelaskan mengenai biaya kuliah Politeknik Akamigas Cepu secara lengkap dan terperinci disertai sejumlah syarat beserta ketentuan pendaftarannya. Kami juga akan memberikan tips dan saran untuk kalian ketika ingin kuliah di Politeknik Akamigas Cepu.

Seputar Politeknik Akamigas Cepu

Seputar Politeknik Akamigas Cepu
Source: akamigas.ac.id

Sebelum membahas biaya kuliah, mari kita kenali dulu apa itu Politeknik Akamigas Cepu. Politeknik Akamigas Cepu adalah singkatan dari Politeknik Energi dan Mineral Akamigas, yang berlokasi di Cepu, Kabupaten Blora, Jawa Tengah.

Politeknik ini didirikan pada tahun 1966 dengan nama Akademi Minyak dan Gas Bumi (AMGB), kemudian berubah menjadi Sekolah Tinggi Energi dan Mineral (STEM) Akamigas pada tahun 2014, dan akhirnya menjadi Politeknik Akamigas pada tahun 2017.

Politeknik Akamigas Cepu memiliki visi untuk menjadi politeknik energi dan mineral terbaik di Indonesia serta berstandar internasional. Untuk mewujudkan visi tersebut, politeknik ini memiliki misi yang sejalan dengan tujuan utama didirikannya Politeknik Akamigas Cepu.

Politeknik Akamigas Cepu memiliki lima program studi ataupun jurusan kuliah, yaitu:

  • Teknik Produksi Migas
  • Teknik Pengolahan Migas
  • Teknik Instrumentasi Kilang
  • Teknik Mesin Kilang
  • Logistik Migas

Politeknik Akamigas Cepu juga memiliki fasilitas lengkap dan modern, seperti laboratorium, perpustakaan, asrama, kantin, masjid, lapangan olahraga, ruang kelas, ruang seminar, ruang multimedia, dan lain-lain. Politeknik ini juga memiliki kerjasama dengan berbagai instansi pemerintah, industri, perguruan tinggi, dan lembaga penelitian, baik dalam maupun luar negeri.

Biaya Kuliah Politeknik Akamigas Cepu

Rincian Biaya Kuliah Politeknik Akamigas Cepu
Source: ayoptn.com

Setelah memahami sekilas pengertian hingga berbagai macam fasilitas Politeknik Amugas Cepu, maka selanjutnya tinggal mencari tahu berapa besar biaya kuliah atau pendidikannya. Dimana biaya kuliah di Politeknik Akamigas Cepu terdiri dari beberapa komponen, yaitu:

  • Biaya pendaftaran
  • Biaya pendidikan
  • Biaya seragam
  • Biaya alat pelindung diri (APD)
  • Biaya uji sertifikasi kompetensi

Biaya pendaftaran adalah biaya harus dibayar oleh calon mahasiswa saat mendaftar kuliah di Politeknik Akamigas Cepu secara online melalui website pmb.akamigas.ac.id. Biaya pendaftaran sebesar Rp 300.000 (Tiga ratus ribu rupiah), dibayarkan melalui metode transfer bank.

Biaya pendidikan adalah biaya harus dibayar oleh mahasiswa setiap semester selama masa studi. Biaya pendidikan meliputi biaya perkuliahan, biaya praktikum dan praktik kerja lapangan, biaya asrama (akomodasi dan konsumsi pagi siang malam), dan biaya perlengkapan kuliah (tas kuliah, alat tulis).

Biaya pendidikan di Politeknik Akamigas Cepu dibedakan berdasarkan sumber atau asal mahasiswa. Mahasiswa bersumber masyarakat umum membayar biaya kuliah lebih murah dibandingkan mahasiswa berasal dari kalangan industri.

Perbedaan biaya juga diberikan kepada mahasiswa yang menggunakan fasilitas asrama atau tidak. Jika mahasiswa umum menggunakan asrama yang disediakan pihak universitas, maka uang kuliah mencapai Rp 28.000.000Rp 38.000.000. Sedangkan uang kuliah tanpa asrama ditetapkan sebesar Rp 17.000.000Rp 22.600.000 untuk mahasiswa umum.

Berikut adalah tabel biaya pendidikan per semester untuk mahasiswa kuliah umum di Politeknik Akamigas Cepu berdasarkan program studi dan penggunaan asrama:

Program StudiBiaya Pendidikan dengan AsramaBiaya Pendidikan tanpa Asrama
Teknik Produksi MigasRp 38.000.000Rp 22.600.000
Teknik Pengolahan MigasRp 35.200.000Rp 20.900.000
Teknik Instrumentasi KilangRp 28.900.000Rp 17.000.000
Teknik Mesin KilangRp 33.300.000Rp 19.800.000
Logistik MigasRp 33.400.000Rp 19.900.000

Sedangkan untuk mahasiswa berasal dari jalur kerjasama, baik dengan instansi pemerintah maupun industri, besaran biaya pendidikan atau biaya kuliah di Politeknik Akamigas Cepu adalah sebagai berikut:

JalurBiaya Pendidikan per Semester
Instansi/PemerintahRp 38.000.000
Industri (BU/BUT)Rp 58.000.000

Biaya seragam adalah biaya harus dibayar oleh mahasiswa baru untuk mendapatkan seragam kuliah, praktik, dan olahraga. Biaya seragam sebesar Rp 1.500.000 (Satu juta lima ratus ribu rupiah), dibayarkan saat registrasi ulang.

Biaya alat pelindung diri (APD) adalah biaya harus dibayar oleh mahasiswa kuliah di Politeknik Akamigas Cepu untuk mendapatkan perlengkapan keselamatan saat melakukan praktikum dan praktik kerja lapangan. Biaya APD sebesar Rp 1.000.000 (Satu juta rupiah), dibayarkan saat registrasi ulang.

Biaya uji sertifikasi kompetensi adalah biaya harus dibayar oleh mahasiswa untuk mengikuti ujian sertifikasi yang diselenggarakan oleh lembaga sertifikasi yang bekerjasama dengan Politeknik Akamigas Cepu. Biaya uji sertifikasi kompetensi sebesar Rp 1.000.000 (Satu juta rupiah), dibayarkan saat semester akhir.

Syarat dan Ketentuan Beasiswa di Politeknik Akamigas Cepu

Syarat dan Ketentuan Beasiswa di Politeknik Akamigas Cepu
Source: collegeapps.com

Bagi kalian yang ingin kuliah di Politeknik Akamigas Cepu namun terkendala biaya, jangan khawatir. Politeknik ini memberikan kesempatan bagi mahasiswa tertentu untuk mendapatkan beasiswa atau keringanan biaya.

Akan tetapi, perlu diingat bahwa ketentuan mengenai beasiswa kuliah di Politeknik Akamigas Cepu tentunya akan berbeda dengan universitas lainnya, seperti UT Bandung, Mandiri UTIRTA dan lain sebagainy. Adpaun beasiswa atau keringanan biaya ini diberikan berdasarkan kriteria sebagai berikut:

  • Kriteria Akademik
    • Mahasiswa dengan prestasi akademik yang baik, yaitu IPK minimal 3,00 dan tidak ada nilai D atau E.
  • Kriteria Ekonomi
    • Mahasiswa dengan kondisi ekonomi kurang mampu, yaitu memiliki penghasilan orang tua atau wali maksimal Rp 4.000.000 (Empat juta rupiah) per bulan.
  • Kriteria Non-Akademik
    • Mahasiswa dengan prestasi non-akademik, seperti olahraga, seni, organisasi, atau kegiatan sosial.

Beasiswa atau keringanan biaya kuliah yang tersedia di Politeknik Akamigas Cepu antara lain adalah:

1. Beasiswa Bidikmisi

Beasiswa pemberian Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) kepada mahasiswa ketika memenuhi kriteria akademik dan ekonomi. Beasiswa ini mencakup biaya pendidikan, biaya hidup, dan biaya penunjang.

2. Beasiswa PPA

Beasiswa pemberian Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti) kepada mahasiswa yang memenuhi kriteria akademik dan ekonomi. Beasiswa ini mencakup biaya pendidikan sebesar Rp 600.000 (Enam ratus ribu rupiah) per bulan selama 12 bulan.

3. Beasiswa BBM

Beasiswa pemberian Dikti kepada mahasiswa ketika memenuhi kriteria akademik dan ekonomi. Beasiswa ini mencakup biaya hidup sebesar Rp 600.000 (Enam ratus ribu rupiah) per bulan selama 12 bulan.

4. Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA)

Beasiswa pemberian Politeknik Akamigas Cepu kepada mahasiswa ketika memenuhi kriteria akademik. Beasiswa ini mencakup biaya pendidikan sebesar Rp 1.000.000 (Satu juta rupiah) per semester.

5. Beasiswa Peningkatan Prestasi Non-Akademik (PPNA)

Beasiswa pemberian Politeknik Akamigas Cepu kepada mahasiswa ketika memenuhi kriteria non-akademik. Beasiswa ini mencakup biaya pendidikan sebesar Rp 1.000.000 (Satu juta rupiah) per semester.

6. Beasiswa Industri

Beasiswa pemberian mitra industri Politeknik Akamigas Cepu kepada mahasiswa ketika memenuhi kriteria akademik dan ekonomi. Beasiswa ini mencakup biaya pendidikan, biaya hidup, dan biaya penunjang.

Beberapa mitra industri yang memberikan beasiswa ini antara lain adalah Pertamina, Chevron, ExxonMobil, Total, Shell, BP, ConocoPhillips, Medco, Schlumberger, Halliburton, Baker Hughes, Weatherford, dan lain-lain.

Untuk mendapatkan beasiswa atau keringanan biaya kuliah Politeknik Akamigas Cepu, mahasiswa harus mengajukan permohonan kepada pihak bersangkutan dengan melampirkan dokumen-dokumen dibutuhkan, seperti formulir pendaftaran, surat keterangan tidak mampu, rapor, ijazah, sertifikat, dan lain-lain.

Mahasiswa juga harus mengikuti seleksi yang dilakukan oleh pemberi beasiswa, seperti tes tertulis, wawancara, atau tes kesehatan. Setiap beasiswa memiliki persyaratan dan mekanisme berbeda-beda, sehingga mahasiswa harus memperhatikan informasi yang disampaikan oleh pihak kampus atau pemberi beasiswa.

Tips Kuliah di Politeknik Akamigas Cepu

Tips Kuliah di Politeknik Akamigas Cepu
Source: niaga.asia

Kuliah di Politeknik Akamigas Cepu memang membutuhkan biaya tidak sedikit, namun hal itu sebanding dengan kualitas pendidikan dan fasilitas yang ditawarkan. Selain itu, ada juga beberapa tips dan saran yang bisa kalian lakukan untuk kuliah di sini dengan biaya terjangkau, yaitu:

1. Cari Informasi Biaya Kuliah

Mencari informasi sebanyak-banyaknya tentang beasiswa atau keringanan biaya yang tersedia di Politeknik Akamigas Cepu atau dari pihak lain. Kalian bisa mengunjungi website resmi politeknik, media sosial, atau bertanya langsung ke pihak kampus atau pemberi beasiswa. Kalian juga bisa berkonsultasi dengan kakak tingkat, alumni, atau dosen yang bisa memberikan rekomendasi atau bantuan.

2. Persiapkan Diri

Mempersiapkan diri sebaik-baiknya untuk mengikuti seleksi beasiswa atau keringanan biaya. Kalian harus memenuhi persyaratan diminta, mengisi formulir dengan benar, melengkapi dokumen dibutuhkan, dan belajar atau berlatih untuk menghadapi tes tertulis, wawancara, atau tes kesehatan. Kalian juga harus menunjukkan motivasi, minat, dan prestasi yang kuat untuk kuliah di Politeknik Akamigas Cepu.

3. Atur Keuangan

Mengatur keuangan dengan baik dan bijak. Kalian harus membuat anggaran bulanan atau semesteran yang mencakup biaya kuliah, biaya hidup, dan biaya lainnya. Kalian juga harus menghemat pengeluaran tidak perlu, seperti makan di luar, belanja, atau hiburan.

Kalian bisa memanfaatkan fasilitas yang disediakan oleh kampus, seperti asrama, kantin, perpustakaan, atau lapangan olahraga. Kalian juga bisa mencari sumber pendapatan tambahan, seperti bekerja paruh waktu, berjualan, atau mengikuti lomba.

4. Bangun Jejaring dengan Kampus

Membangun jejaring dan hubungan baik dengan pihak kampus, mitra industri, dan teman sejawat. Kalian bisa mengikuti kegiatan akademik maupun non-akademik yang diselenggarakan oleh kampus, seperti seminar, workshop, pelatihan, lomba, atau organisasi.

Kalian juga bisa mengikuti program magang, kerjasama, atau kunjungan industri yang ditawarkan oleh kampus atau mitra industri. Kalian juga bisa bersosialisasi dan berkolaborasi dengan teman sejawat, baik dari program studi yang sama maupun berbeda. Dengan begitu, kalian bisa mendapatkan ilmu, pengalaman, dan kesempatan bermanfaat untuk masa depan.

Kesimpulan

Demikianlah artikel tentang biaya kuliah Politeknik Akamigas Cepu disertai syarat beserta ketentuan pendaftarannya. Kami harap artikel ini bisa memberikan informasi yang berguna bagi kalian ketika ingin kuliah di sini.