Syarat Masuk Sekolah Penerbangan dan Biaya 2024

Diposting pada

Apa saja syarat masuk sekolah penerbangan yang harus dipenuhi, dan berapa biaya sekolah penerbangan? Pertanyaan-pertanyaan semacam itu, seringkali ditanyakan calon peserta didik yang memiliki minat dengan dunia penerbangan.

Mereka yang ingin menjadi seorang pramugara, pramugari, pilot, co pilot, ATC, atau staf penerbangan yang bekerja di bandara pasti memiliki pertanyaan-pertanyaan semacam itu. Kalau kamu juga termasuk salah satunya, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan jawaban.

Ada beberapa syarat masuk sekolah penerbangan. Syarat masuk sekolah penerbangan terdiri dari syarat umum dan syarat khusus, di mana kedua persyaratan perlu disiapkan agar memudahkan kamu lolos kualifikasi.

Syarat masuk sekolah penerbangan berbeda-beda berdasarkan jenis profesi tujuan yang diinginkan. Daripada bingung, simak pembahasan RsudDepatiHamzah di bawah ini agar mengetahui informasi terkait persyaratan, biaya, serta tes masuk sekolah tersebut.

Syarat Masuk Sekolah Penerbangan

Persyaratan Masuk Sekolah Penerbangan

Ada cukup banyak syarat masuk sekolah penerbangan yang harus disiapkan calon siswa. Oleh sebab itu, sangat dianjurkan bagi siswa kelas 12 yang memang sudah memiliki tujuan untuk masuk sekolah penerbangan, baiknya mempersiapkan diri jauh-jauh hari sebelum musim pendaftaran.

Dengan demikian, semua syarat yang dibutuhkan baik syarat umum atau syarat khusus sudah bisa terpenuhi ketika musim pendaftaran dibuka. Lantas, apa sajakah syarat tersebut?

Syarat Umum Masuk Sekolah Penerbangan

Banyaknya sekolah penerbangan di Indonesia, membuat syarat umum pada setiap sekolah penerbangan pasti berbeda-beda. Hal tersebut tergantung dari keputusan dan kebijakan dari masing-masing sekolah penerbangan tersebut.

Baca Juga:  2 Biaya Sekolah SLB Terbaru 2024: Negeri & Swasta

Akan tetapi secara umum, syarat masuk sekolah penerbangan sebagai berikut :

  • Pria atau wanita wajib Single
  • Minimal usia 17 tahun 6 bulan ketika mendaftar
  • Pendidikan minimal SMA/ SMK/ sederajat, D3, S1
  • Bebas dari narkotika dengan membawa bukti surat keterangan bebas narkotika yang diterbitkan instansi terkait.
  • Sehat secara jasmani, rohani, dan mental
  • Tidak buta warna
  • Tidak berkacamata atau memakai kontak lens (Toleransi minus maksimal -3.00, dan toleransi silindris maksimal C – 1.00).
  • Tidak memiliki riwayat penyakit hepatitis yang dibuktikan dengan surat keterangan dari instansi kesehatan terkait.

Syarat Khusus Pramugara atau Pramugari Sekolah Penerbangan

Jika calon peserta didik sekolah penerbangan berkeinginan menjadi pramugari atau pramugara, ada persyaratan khusus yang diberikan dan harus dipenuhi.

Beberapa syarat khusus menjadi pramugara atau pramugari sebagai berikut :

  • Maksimal usia 23 tahun baik untuk calon pramugara atau calon pramugari
  • Tinggi badan calon pramugari minimal 160 cm
  • Tinggi badan calon pramugara minimal 170 cm

Bagi calon peserta didik sekolah penerbangan yang berharap lolos atau diterima sebagai siswa di sekolah penerbangan sebagai pramugara atau pramugari, ada baiknya memperhatikan syarat khusus tersebut dan mempersiapkannya jauh-jauh hari. Dengan persiapan yang matang, peluang diterimanya akan lebih besar.

Syarat Khusus Staff Penerbangan Sekolah Penerbangan

Setiap sekolah penerbangan yang membuka pendaftaran untuk sekolah staff penerbangan, biasanya memiliki standar dan kualifikasi khusus tersendiri. Oleh sebab itu, jika sudah tahu akan mendaftar di sekolah penerbangan mana, ada baiknya kamu menanyakan syarat khusus untuk menjadi siswa staff penerbangan di sekolah penerbangan tersebut.

Dengan demikian, kesempatan kamu lolos sebagai siswa staff penerbangan di sekolah penerbangan tujuan jadi lebih besar. Berikut beberapa syarat khusus untuk program studi staff penerbangan :

  • Maksimal usia calon siswa staff penerbangan ketika mendaftar adalah 24 tahun
  • Tinggi badan calon siswa wanita minimum 157 cm
  • Tinggi badan calon siswa pria minimum 165 cm
Baca Juga:  Biaya Masuk SD Al Hasanah Ciledug Tangerang 2024

Syarat Khusus Pilot Sekolah Penerbangan

Ada beberapa syarat khusus yang perlu dipersiapkan untuk menjadi seorang pilot, di antaranya :

  • Tinggi badan minimal 160 cm untuk wanita
  • Tinggi badan minimal 170 cm untuk pria
  • Lancar berbahasa Inggris (mampu berbahasa Inggris pasif dan aktif)
  • Tidak takut ketinggian
  • Memiliki dana yang cukup.

Mengapa perlu dana yang cukup? Karena sekolah penerbangan untuk menjadi pilot butuh biaya yang sangat besar bahkan mencapai angka ratusan juta rupiah. Karena itu persiapan dana yang cukup menjadi syarat khusus yang sangat penting diperhatikan.

Biaya Pendidikan Sekolah Penerbangan

Biaya Pendidikan Sekolah Penerbangan

Selain perlu mempersiapkan syarat masuk sekolah penerbangan baik syarat umum dan syarat khusus, persiapan biaya pendidikan juga diperlukan. Namun kamu harus tahu bahwa besar biaya pendidikan pada masing-masing sekolah penerbangan berbeda.

Semua itu didasarkan atas kebijakan otoritas sekolah penerbangan terkait. Namun jika kamu ingin tahu estimasi biaya pendidikan sekolah penerbangan, berikut daftarnya:

Program StudiBiaya Pendidikan Sekolah Penerbangan
MarshallerRp 10.000.000 – 27.000.000
Pramugari/PramugaraRp 28.875.000 – Rp 45.000.000
Staff penerbanganRp 25.800.000 – Rp 32.000.000
PilotRp 350.000.000 – Rp 650.000.000

Tes Masuk Sekolah Penerbangan

Tes Masuk Sekolah Penerbangan

Ada beberapa tes saringan masuk yang harus dilalui untuk bisa menjadi siswa di sekolah penerbangan, di antaranya :

Tes Akademik

Tes akademik atau tes potensi akademik umumnya berkaitan dengan ujian dasar berbahasa, hitung-hitungan, dan logika. Tujuan diadakannya tes akademik adalah menguji kemampuan akademis calon peserta didik.

Tes Kesehatan

Tes kesehatan dilakukan untuk mengukur tingkat kesehatan calon peserta didik. Tes kesehatan juga menjadi tes yang sangat krusial dalam sekolah penerbangan karena nantinya taruna dan taruni penerbangan akan diajarkan dengan prinsip dasar latihan fisik kemiliteran, jadi fisiknya harus prima.

Baca Juga:  Syarat Masuk SMA Negeri 3 Kota Jambi 2024

Tes Psikologi

Tes psikologi atau tes psikotest merupakan tes yang dihadirkan untuk mengetahui karakter individu yang mendaftar sebagai calon peserta didik. Tes ini rumit dan harus dikerjakan secara teliti dan hati-hati.

Tes Buta Warna dan Minus

Penglihatan menjadi hal yang sangat penting bagi seorang penerbang dan stafnya dalam bekerja. Karena itu diselenggarakan juga tes buta warna dan tes mata minus dalam tes masuk sekolah penerbangan.

Kesimpulan

Seleksi masuk sekolah penerbangan sangat ketat. Begitu pula dengan syarat masuk sekolah penerbangan, sangat banyak.

Oleh sebab itu, kamu yang tertarik untuk menjadi siswa di lingkungan sekolah penerbangan perlu mempersiapkan diri jauh-jauh hari untuk memenuhi kualifikasi persyaratan yang sudah ditetapkan. Mungkin itu saja informasi dari RsudDepatiHamzah terkait syarat, biaya, dan tes masuk sekolah penerbangan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *