9 Cara Pembayaran Tiket Kereta Api Via ATM BRI & Kode 2024

Diposting pada

rsuddepatihamzah.com – Hadirnya cara pembayaran tiket kereta api via ATM BRI memang sangat membantu nasabah sekaligus pengguna layanan transportasi darat tersebut. Lantas, bagaimana prosedur pembayaran dan apa saja yang harus dipersiapkan saat pembayaran?

BRI memang menyediakan beragam fasilitas transaksi keuangan seperti ATM, M Banking, hingga Internet Banking. Masing-masing fasilitas tersebut juga memiliki keunggulan seperti mengakomodir cara pembayaran tiket kereta api via ATM BRI.

Tentu saja adanya cara pembayaran tiket kereta api via ATM BRI ini sangat memudahkan para nasabah sekaligus pengguna jasa transportasi darat tersebut. Lantas, bagaimana prosedur dalam melakukan pembayarannya?

Supaya dapat membantu Anda yang kini penasaran dengan cara pembayaran tiket kereta api via ATM BRI, maka Tim rsuddepatihamzah.com akan memberikan panduan lengkapnya. Jadi silahkan simak pembahasannya guna mengurangi kendala saat pembayaran berlangsung.

Syarat Pembayaran Tiket Kereta Api via ATM BRI

Sebelum mulai pada cara pembayaran tiket, maka ada baiknya Anda pahami apa saja beberapa syarat yang perlu dipersiapkan. Persyaratan ini akan digunakan saat proses pembayaran berlangsung melalui mesin ATM BRI.

Supaya dapat membantu Anda dalam melengkapi beberapa hal penting tersebut, berikut merupakan syarat pembayaran tiket Kereta Api via ATM BRI.

  • Sudah melakukan pembukaan rekening dan tabungan BRI.
  • Memiliki fasilitas kartu ATM BRI.
  • Memiliki saldo mencukupi untuk pembayaran tiket kereta api.
  • Mengetahui kode pembayaran tiket kereta api.

Setelah semua syarat di atas terpenuhi, maka peroses pembayaran tiket kereta api dapat dilakukan oleh para pengguna. Namun, masih ada banyak orang yang belum tahu tentang kode pembayaran tiket kereta api sehingga pengecekan perlu dilakukan.

Kode Pembayaran Tiket Kereta Api BRI

Dalam syarat di atas sudah dijelaskan jika Anda harus mencantumkan kode pembayaran tiket Kereta Api apabila ingin melakukannya via ATM. Khusus ATM BRI sendiri, Anda bisa memasukan kode 5788 diikuti dengan 11 digit angka untuk melakukan pembayaran tiket KAI.

Atau bisa juga melakukan pengecekan kode pembayaran melalui tiket pesanan yang sudah di booking melalui aplikasi KAI Access.

Cara Pembayaran Tiket Kereta Api via ATM BRI

Tibalah saatnya untuk mengetahui bagaimana cara pembayaran tiket kereta api menggunakan fasilitas ATM terdekat di wilayah Anda. Tentu saja pembahasan kali ini akan berfokus pada mesin ATM BRI sebagai sarana sehingga para nasabah wajib untuk cek seluruh prosedurnya.

Guna menghindari kendala dalam prosesnya, berikut merupakan langkah-langkah pada cara pembayaran tiket kereta api via ATM BRI.

1. Masukan Kartu ATM dan PIN BRI

Silahkan kunjungi terlebih dahulu lokasi ATM Bank Rakyat Indonesia terdekat di wilayah Anda untuk membayar tiket kereta api. Setibanya di lokasi, maka masukan kartu ATM dan PIN rekening yang sudah dibuat sebelumnya.

2. Pilih Pengaturan Bahasa

Setelah berhasil memasukan PIN ATM BRI, maka mesin akan menampilkan opsi bahasa yang ingin digunakan selama proses berlangsung. Silahkan pilih opsi Bahasa Indonesia untuk memudahkan pembayaran tiket kereta api.

3. Tekan Menu Bayar/Beli ATM BRI

Apabila sudah memilih bahasa, maka ATM BRI akan menampilkan beragam menu transaksi keuangan bagi para penggunanya. Guna menerapkan cara bayar tiket kereta api, maka Anda bisa menekan menu BAYAR/BELI.

4. Tekan Menu Lainnya

Setelah masuk di dalam menu BAYAR/BELI ATM BRI, maka langkah selanjutnya adalah menekan menu LAINNYA. Pasalnya fitur untuk cara pembayaran tiket kereta api bukan berada di halaman ini.

5. Tekan Menu Tiket

Setelah berhasil masuk di halaman LAINNYA, maka silahkan tekan menu TIKET pada tampilan ATM BRI.

6. Tekan Menu Kereta Api

Untuk melanjutkan cara pembayaran tiket, maka silahkan tekan menu KERETA API pada tampilan mesin ATM. Nantinya mesin ATM BRI akan memproses transaksi pesanan tiket Anda.

7. Masukkan Kode Pembayaran Tiket Kereta Api

Supaya proses transaksi tersebut dapat dilakukan, maka masukan Kode Pembayaran Tiket Kereta Api. Pastikan jika kode pembayaran tiket tersebut tidak salah tulis sehingga memudahkan ATM BRI dalam menampilkan rincian pesanan.

Apabila Kode Pembayaran Tiket Kereta Api sudah terisi, maka silahkan tekan BENAR di mesin ATM.

8. Cek Informasi Tiket Kereta Api Pesanan

Terakhir, mesin ATM BRI akan menampilkan rincian informasi mengenai pesanan tiket yang Anda lakukan. Silahkan tekan BENAR jika dirasa informasi pesanan tiket kereta api pada tampilan mesin ATM tepat.

9. Cara Pembayaran Tiket Kereta Api Berhasil

Apabila seluruh prosedur di atas sudah Anda jalani sampai akhir, maka secara otomatis cara pembayaran berhasil dilakukan. Tentu prosedur di atas sama mudahnya dengan Cara Bayar Tiket Kereta Api via M Banking BCA bukan?

Kenapa Tidak Bisa Melakukan Pembayaran Tiket Kereta Api via ATM BRI?

Dalam satu momen, kerap ditemukan sebuah kendala dimana cara pembayaran tiket kereta api tidak bisa dilakukan oleh para pengguna. Tentu hal tersebut menimbulkan pertanyaan kenapa tidak bisa melakukan pembayaran tiket kereta api melalui mesin ATM.

Supaya dapat dijadikan sebagai wawasan bersama, berikut merupakan beberapa penyebab tidak bisa bayar tiket kereta api via ATM BRI.

1. Terjadi Perbaikan Sistem ATM BRI

Sebagai salah satu perusahaan perbankan ternama di Indonesia, BRI selalu berupaya memberikan pelayanan terbaik bagi nasabah dan pengguna fasilitasnya. Itulah mengapa perawatan sistem harus dilakukan dan tidak jarang membuat pembayaran tiket tidak bisa dilakukan.

2. Kerusakan Mesin ATM BRI

Selain sistem, penyebab tidak bisa melakukan pembayaran tiket kereta api juga dapat disebabkan oleh kerusakan mesin ATM. Alhasil, Anda bisa mencari lokasi ATM BRI lainnya guna melakukan pembayaran tiket KAI tersebut.

3. Salah Memasukan Kode Pembayaran

Penyebab terbesar tidak bisa melakukan pembayaran tiket kereta api adalah kesalahan dalam melakukan input kode pembayaran. Itulah mengapa saat sedang memasukan kode pembayaran ke dalam tiket, perhatikan kembali angkanya secara teliti.

4. Saldo Pembayaran Tiket Kereta Api Tidak Mencukupi

Kurangnya saldo di dalam rekening ATM BRI juga menjadi alasan kenapa tidak bisa melakukan pembayaran tiket KAI. Maka dari itu sebelum menerapkan cara pembayaran, cek kembali ketersediaan saldo dan pastikan cukup untuk memenuhi harga tiket serta biaya admin.

5. Status Rekening BRI Dorman

Tahukah Anda jika rekening BRI tidak aktif selama kurang lebih 540 Hari, maka akan dilakukan pembekuan sementara atau berstatus dorman. Hal tersebut bisa menjadi penyebab tidak bisa menyelesaikan pembayaran tiket KAI menggunakan ATM BRI.

Beberapa hal di atas dapat menjadi salah alasan atau penyebab pembayaran tiket kereta api tidak bisa dilakukan. Itulah mengapa sebelum melakukan pembayaran, cek kembali kesiapan kartu ATM BRI sehingga prosesnya dapat berjalan lancar.

Masa Berlaku Pembayaran Tiket Kereta Api

Dalam pelaksanaan prosedurnya, Anda memiliki jangka waktu untuk membayar tiket kereta api pesanan tersebut setelah melakukan booking. Lantas, berapa lama masa berlaku pembayaran tiket kereta api tersebut? Masa berlaku pembayaran tiket kereta api adalah 45 menit setelah proses pemesanan dilakukan.

Akhir Kata

Itulah tadi beberapa Cara Pembayaran Tiket Kereta Api via ATM BRI yang tentunya sangat mudah untuk dilakukan oleh para nasabah. Apabila masih penasaran dengan beragam cara maupun prosedur dalam penggunaan fasilitas keuangan BRI, maka cek selalu update terbaru dari rsuddepatihamzah.com.

Sumber Gambar: Admin RSUDDepatiHamzah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *