Kenapa STB Tidak Ada Sinyal

Kenapa STB Tidak Ada Sinyal? Begini Cara Mengatasinya

Diposting pada

Kenapa STB Tidak Ada Sinyal – Semenjak siaran TV analog dihentikan, setiap masyarakat diwajibkan untuk menggunakan TV digital agar bisa menikmati seluruh siaran TV yang ada. Tentu hal ini menjadi pro dan kontra, terutama bagi setiap pemilik TV analog yang mana harus menggantinya dengan TV Digital.

Namun kalian semua tidak perlu bingung, karena setiap pengguna TV analog bisa menggunakan STB (Set Top Box) agar bisa menikmati semua siaran yang ada, untuk mendapatkan STB juga sangat mudah. Kalian bisa membeli secara online maupun juga beberapa toko elektronik.

Karena masih banyak orang belum begitu paham dalam penggunaan, tak heran jika beberapa orang mempertanyakan kenapa STB tidak ada sinyal pada hal sudah mengikuti panduan dengan benar. Mengenai permasalahan seperti tersebut memang sangat mudah, sama halnya seperti kenapa SCTV tidak ada di TV digital.

Kuncinya hanya satu yakni mencari tahu penyebabnya dikarenakan apa, dengan begitu lebih mudah mencari solusinya. Buat kalian yang ingin mengetahui informasi lebih lengkapnya, silahkan simak langsung ulasan telah dipersiapkan oleh rsuddepatihamzah.com sebagai berikut.

Apa Itu STB

Sebelum ke poin pembahasan utama kali ini, terlebih dahulu jelaskan kepada kalian semua tentang Set To Box atau lebih familiar dikenal dengan STB. Pasalnya, diluar sana masih banyak orang yang belum mengetahui dengan alat untuk mendapatkan siaran TV.

Singkatnya STB (Set To Box) adalah sebuah alat yang dapat mengonversi sinyal digital jadi gambar dan suara sehingga bisa di tampilkan pada TV analog. Dengan begitu setiap pengguna TV analog tidak perlu lagi mengganti dengan TV digital.

Lebih menariknya lagi dalam penggunaan STB tidak perlu menggunakan antena parabola, cukup gunakan antena biasa. Hal tersebut dikarenakan STB telah mendukung Digital Video Broadcasting-Secon Generation Terrestrial (DVB-T2).

Penyebab Kenapa STB Tidak Ada Sinyal

Tidak dapat dipungkiri jika beberapa pengguna yang baru beralih ke STB bingung, karena tidak ada sinyal yang bisa di tangkap. Mengenai masalah tersebut, disini kami akan informasikan kepada kalian semua akan penyebabnya dikarenakan apa.

1. Area Belum Mendukung Sinyal TV Digital

Jadi penyebab pertama dikarenakan area belum mendukung sinyal TV Digital, dengan begitu apapun yang dilakukan tidak akan berhasil. Apabila sumber masalahnya karena hal ini, dapat dipastikan sinyal tidak akan muncul.

2. Antena Tidak Mendukung

Lalu penyebab berikutnya adalah antena yang digunakan tidak mendukung, untuk itu perhatikan dalam penggunaan antena. Apakah menggunakan antena outdoor atau indoor, kemungkinan besar salah dalam menggunakan antena.

3. Antena Rusak

Berikutnya dikarenakan antena yang digunakan mengalami kerusakan, ketika mengalami kerusakan sangat memungkinkan sekali sinyal tidak akan muncul. Oleh karena itu sangat disarankan sekali agar melakukan pengecekan terlebih dahulu.

4. Kabel HDMI atau RCA Rusak

Ketika penggunaan antena tidak ada masalah, kemungkinan besar sumber masalahnya dikarenakan dalam pemasangan kabel HDMI atau RCA rusak atau kurang pas sehingga STB tidak berfungsi secara sempurna.

5. Software Bermasalah

Sedangkan penyebab yang terakhir dikarenakan software STB masih menggunakan versi lama, dengan begitu STB tidak ada sinyal. Karena sebuah barang elektronik pasti memerlukan pembaruan sistem, jika dibiarkan saja maka bisa kejadian seperti tersebut sinyal tidak muncul.

Cara Mengatasi STB Tidak Ada Sinyal

Adapun cara mengatasinya memang sangat mudah sekali, terlebih lagi pada tahap ini kalian sudah mengetahui sumber masalahnya dikarenakan apa. Jika penasaran dengan cara mengatasinya seperti apa, silahkan simak langsung sebagai berikut.

1. Pastikan Area Sudah Mendukung TV Digital

Jadi untuk cara mengatasi pertama harus dilakukan oleh setiap pengguna, pastikan terlebih dahulu jika area sudah mendukung TV digital. Silahkan melakukan pengecekan untuk memastikan area di tempat kalian sudah mendukung sinyal TV digital.

2. Gunakan Antena Outdoor

Ketika sumber masalahnya dikarenakan antena digunakan tidak mendukung, silahkan gunakan saja antena outdoor dimana penggunaan tipe antena tersebut mampu menangkap sinyal lebih kuat bila dibandingkan dengan antena indoor.

3. Periksa Antena

Ketika masih menggunakan antena yang lama, sebaiknya lakukan pemeriksaan antena yang digunakan apakah dalam kondisi bagus atau sudah rusak. Ketika antena rusak dan tidak bisa di perbaiki, silahkan ganti saja dengan unit baru untuk mempermudah mengatasi masalah tersebut.

4. Cek Kabel HDMI atau RCA

Cara mengatasi selanjutnya dapat dilakukan cek kabel yang digunakan apakah sudah berfungsi secara sempurna atau juga salah mencolokan antara kabel HDMI dan RCA. Ketika terjadi kesalahan pemasangan, silahkan atur kembali sesuai dengan panduan yang ada.

5. Update Software STB

Selanjutnya tinggal lakukan upadate software STB, kemungkinan besar masing menggunakan versi lama. Untuk melakukan update software terbilang cukup mudah, cukup hubungkan saja dengan koneksi internet maka akan update secara otomatis.

6. Reset ulang Set Top Box

Terakhir tinggal lakukan reset ulang STB (Set To Box), biasanya cara ini sering dilakukan oleh banyak orang dan terbukti berhasil. Silahkan kalian lakukan reset ulang, semoga saja cara yang dilakukan kali ini akan berhasil.

Akhir Kata

Nah, seperti itulah kiranya pembahasan lengkap mengenai penyebab kenapa STB tidak ada sinyal dan cara mengatasi dapat rsuddepatihamzah.com dapat disampaikan. Semoga dengan adanya penjelasan tersebut bisa membantu semua orang sedang membutuhkan informasi diatas.